Merdeka Atau Mati Syahid

Apa cita-citamu untuk membangun Indonesia?

Karena nonton film Ainun Habibie 3, aq jadi tau bahwa dulu sebelum menikah dengan Pak Habibie, Ibu Ainun sempat pacaran dg salah seorang pemuda. Layaknya muda mudi jamannya, mereka menikmati banyak kegiatan bersama. Suatu ketika Ainun remaja bertanya pada lelaki tersebut, apa cita-citamu? Tapi entah kenapa lelaki itu tidak menghiraukan pertanyaan tersebut, ia hanya tertawa menganggapnya hanya gurauan. Di lain waktu Ainun bertanya kembali padanya, namun pacarnya selalu berkelit. 

Sampai pada suatu waktu, lelaki tersebut menangkap mata Ainun yang benar-benar mengharapkan jawaban dari pertanyaan: apa cita-citamu? Akhirnya lelaki tersebut berkata, bahwa ia berkeinginan membawa Ainun pergi jauh dari Indonesia, ia tidak suka melihat watak buruk orang Indonesia, yang tidak bisa menghargai orang lain, yang suka mencela dan menghujat, yang tidak memiliki karakter dambaannya. Ia tidak mau dirinya dan Ainun hidup dengan orang-orang seperti itu. Menurutnya, kemampuan dan kecerdasan Ainun hanya akan sia-sia jika hidup di Indonesia.

Melihat jawaban tersebut, Ainun nampak kecewa, lalu ia sampaikan bahwa cita-cita terbesarnya adalah membangun Indonesia, yaa perjuangan di masa mudanya kuliah di fakultas kedokteran, pengorbanannya 'blusukan' ke desa-desa kecil mengobati orang miskin yang tak mampu, semata adalah karena ia ingin memberikan kemampuan maksimal yang dimilikinya untuk membangun Indonesia. Tentu ia ingin, menikah dengan seseorang yang memiliki satu tujuan dengannya, bersama mewujudkan cita-cita besar yang menjadi visi misi hidupnya. 

Sampai disitu, berakhirlah hubungan Ainun dengan lelaki tersebut . . . 

Lalu bertemulah Ibu Ainun dengan Bapak Habibie, yang sama-sama mencintai Indonesia, sama-sama memiliki cita-cita membangun negri ini dengan hal apapun yang mampu mereka berikan.

===

Kalau kamu, apa yang ingin kamu berikan, untuk membangun Indonesia?

Membangun Indonesia tidak harus dengan menjadi pejabat, namun:
- membekali anak dg ilmu dan akhlak adalah perjuangan membangun generasi Indonesia.
- bertani dan bercocok tanam di sawah adalah perjuangan menyiapkan makanan layak konsumsi bagi rakyat Indonesia.
- jujur dan amanah dalam setiap pekerjaan yang dilakukan adalah perjuangan membangun karakter rakyat Indonesia.
- bahkan, sekedar diam menahan mulut dan jari untuk tidak mengolok-olok rakyat dan pemerintah Indonesia, adalah bagian dari perjuangan membangun Indonesia.

Ya Allah, berilah kami rakyat yang baik dan perbaikilah rakyat kami.
Berilah kami pemimpin yang baik dan perbaikilah pemimpin kami.
Berilah kami negri yang baik dan perbaikilah negri kami.

اللهم اجعل هذا بلدا آمنا وارزق أهله من الثمرات من آمن منهم بالله واليوم الآخر.

Dirgahayu Indonesiaku!

Posting Komentar

0 Komentar